Memulai Olahraga Duathlon

Duathlon, Desember 2012 di BSD

Duathlon adalah salah satu bentuk multisport dengan komposisi Run – Bike – Run dimana format lomba ini sangat ideal bagi cyclist atau runner yang belum atau tidak menguasai renang.

Bagaimana memulai olahraga duathlon ini?

1. Jika anda adalah seorang pelari tentunya harus mulai berinvestasi dengan sepeda, belajar teknis bersepeda dan mulai berlatih skill dan taktik dalam sepeda.

2. Jika anda adalah pesepeda mulailah berinvestasi dengan sepasang sepatu yang sesuai dengan kaki anda lalu mulailah belajar tehnik lari dan berlatih lari dengan bertahap.

3. Mulailah berlatih dengan memadukan kedua olahraga dalam satu sesi. Lari dilanjutkan sepeda atau sepeda dilanjutkan lari atau lari lanjut sepeda lanjut lari.

Bagaimana strategi di perlombaan duathlon :
1. Jika masih baru dengan duathlon baik anda memiliki latar belakang triathlon atau tidak, biasanya Lari pertama akan dilakukan dengan cepat seperti lomba lari saja namun kesalahan ini akan berujung bencana di sepeda dan lari kedua.

2. Jadi bagaimana lari pertama seharusnya dilakukan? berlarilah dengan kecepatan konstan dan berhitunglah dengan pace, jika duathlon yg dilakukan 5km lari, 30km sepeda, 5km lari, gunakan pace lari 10km di lari pertama.

3. Berlatihlah untuk efisien di transisi, gunakan sepatu lari yang mudah di copot pasang tanpa perlu membuka pasang tali sepatu, menggunakan lock lace adalah salah satu solusi. Berlatihlah untuk mendorong sepeda sambil berlari dan kemampuan flying mount akan memberikan keunggulan beberapa detik yang berharga.

4. Mulailah sepeda dengan gear kecil dan jaga putaran pedal tinggi di menit-menit awal sampai kaki adaptasi dengan sepeda lalu bisa mulai gunakan power untuk memutar pedal.

5. Gunakan kesempatan diatas sepeda untuk mengisi tubuh dengan tenaga dari makanan yang mengandung karbohidrat sederhana dan hidrasi dari minuman yang mengandung sodium untuk mengganti cairan tubuh yang hilang, konsumi hanya makanan dan minuman yang sudah biasa dikonsumsi pada saat latihan.

6. Mendekati akhir sepeda, ringankan kembali gear sepeda dan percepat putaran pedal untuk persiapan lari pada cadence tinggi.

7. Kembali lakukan langkah seperti no.3 namun kali ini dibalik dari sepeda ke lari.

8. Jika anda sudah terbiasa triathlon, dan anda pikir lari kedua di duathlon mirip dengan lari di triathlon, anda salah! lari kedua di duathlon lebih berat. Mulailah lari lebih lambat dari ego karena kemungkinan besar terjadi keram ditentukan di langkah awal lari. jaga pace stabil dan jika yakin tidak akan keram maka mulai percepat sampai dengan pace target.

Untuk perlombaan duathlon yang terdekat daftarkan diri anda di Powerman Indonesia duathlon yang akan berlangsung pada tanggal 8 April 2018 di Alam Sutera, silahkan berkunjung ke www.powermanindonesia.com

#duathlon
#powerman
#powermanduathlon
#powermanindonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *